Langsung ke konten utama

PT Rempahnesia

Kelompok Pengantar Bisnis Informatika:                               
·         Abi Fadhillah Surya (50414073)
·         Annisa Larasati Arifianti (51414380)
·         Christian (52414379)
·         Muhammad Taufiq Akbar (57414564)
·         Rina Hafizhah Utami (59414416)
·         Ruth Inggrid Veronica (59414863)

Profil Rempahnesia

PT Rempahnesia (Recycle Sampah Indonesia) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce atau marketplace, perusahaan ini lebih bergerak di bidang jasa, yakni memberikan pelayanan atau fasilitas ke pada pengrajin untuk menempatkan tokonya di online store Rempahnesia. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini terbuat dari bahan bekas yang dihasilkan oleh pengrajin yang menjadi mitra Rempahnesia. Mitra yang tergabung dalam perusahaan ini adalah pengrajin bahan bekas di panti social dan komunitas ibu-ibu rumah tangga.
 Rempahnesia memiliki aplikasi android dan iOs sebagai online store yang menjadi media perantara antara konsumen dan pengrajin, serta website yang berisi informasi perusahaan.. Rempahnesia akan mendapatkan royalty dari pajak barang setiap produk yang terjual.

Visi, Misi dan Struktur Organisasi

Visi:
“Membantu memperbaiki masalah recycling di Indonesia, memberikan pekerjaan yang lebih layak bagi masyarakat yang bekerja pada bidang recycle khususnya masyarakat yang kurang mampu, memanajemen sampah sampah baik yang mudah terurai maupun yang split terurai, menjadikan banga Indoneisa, bangsa yang bersih dan terbebas dari lombar sampah, juga memberikan lapangan pekerjaan dari hasil recycling kepada para kreativitas.“

Misi:
1.   Menjadikan PT Rempahnesia di Indonesia sebagai media tau wadah penanganan masalah Limbah di Indoneisa.
2.  Menjadikan PT Rempahnesia di Indonesia sebagai acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur recycling di Indonesia.
3.  Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab masyarakat di Indonesia tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan mulai membuang sampah pada tempatnya dan berdasarkan jenisnya.
4.    Membuat pekerjaan yang lebih layak bagi para masyarakat yang bekerja pada bidang recycle.
5.    Membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas dari hasil recycle.
6.    Memberikan pelayanan dan solusi dalam mengatasi masalah limbah sampah di Indonesia.



Struktur Organisasi:
Tugas CEO:
1.    Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
2.    Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
3.    Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
4. Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
5.    Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan.
6.  Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.

Tugas WAKIL CEO:
Membantu Semua Tugas CEO yang merupakan wakil di masing-masing area.

Manager Karyawan:
1.    Melatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
2.    Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerima keluhan secara langsung atau via telephon dan standard operasional Recycle-Indonesia
3.    Menangani keluhan pelanggan yang tidak bisa di selesaikan bawahannya
4.    Membuat laporan daftar pelanggan.
5.    Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar.
6.    Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.

Manager Keuangan:
1.    Mengkoordinasi perencanaan anggaran
2.    Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan
3.    Mengkoordinasi pelaksanaan audit
4.    Melakukan sistem pencatatan keuangan
5.    Bertanggungjawab terhadap wakil direktur
6.    Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi
7.    Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan

Manager Bidang IT:
1.    Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Recycle-Indonesia dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan
2.  Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Recylce-Indonesia
3.    Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi
4.    Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT.

HRD:
1.  Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
2.   Membuat sistem HR yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP, job description, training and development system dll.
3.  Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan, mulai dari mencari calon karyawan, wawancara hingga seleksi.
4.    Melakukan seleksi, promosi, transfering dan demosi pada karyawan yang dianggap perlu.
5.  Melakukan kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan, potensi, mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.
6.  Bertangggung jawab pada hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.
7.    Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
8.    Melakukan tindakan disipliner pada karyawan yang melanggar peraturan atau kebijakan perusahaan.

Komponen Sistem Informasi



·       Perangkat Lunak: merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan.
Rempahnesia menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.
·       Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.
Rempahnesia menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa aplikasi Rempahnesia oleh user.
·    People : merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan data.
Dalam Rempahnesia terdapat pihak-pihak sebagai berikut: Programmer, System Analyst, Administrator Database, Penjual, Pembeli dan lain lain.
·       Basisdata / Data: Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan.
Pada Rempahnesia antara lain adalah data penjual, data pembeli, dan lain-lain.
·    Jaringan Komputer: merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama.
Rempahnesia menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan penjual dan pembeli dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.
·   Prosedur: Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki.
Hal-hal yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Rempahnesia, seperti SOP Pembayaran, SOP Pemesanan, SOP Pendaftaran, dan lain-lain.
Klasifikasi Sistem Informasi yang Digunakan




Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis
Ø  TPS (Transaction Processing System):
·         Mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis
·         Membuat pernyataan konsumen
·         Mengecek gaji karyawan
·         Membuat kuitansi penjualan dan order pembelian
·         Membuat formulir pajak dan rekening keuangan

·  Meliputi documentation management, debt collection, customer statement, claims processing dan cheque processing.
Analisa:
Sistem pembayaran pada aplikasi “Rempahnesia” masuk ke dalam TPS yang berfungsi sebagai tempat terjadinya alur keluar masuknya transaksi pada aplikasi “Rempahnesia”. Transaksi yang dimaksud adalah biaya total pembelian barang yang diatur oleh admin dan pembayaran barang yang dilakukan oleh konsumen. Pemesanan barang yang dilakukan oleh konsumen juga terdapat pada TPS.

Ø  PCS (Process Control System):
Mengatur proses produksi fisik suatu barang
Analisa:
Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari PCS.

Ø  ECS (Enterprise Collaboration System):
Meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar anggota dari tiap operasi bisnis.
Analisa:
PT. Rempahnesia menghubungkan antar UKM, PKK, dan pengrajin bahan bekas untuk menjual hasil kerajinanya (product) melalui aplikasi yang telah perusahaan kami sediakan. Jadi, PT Rempahnesia hanyalah media untuk menghubungkan antar usaha yang terdapat di kalangan masyarakat.

Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen
Ø  EIS (Executive Information System):
·         Sarana presentasi informasi dalam hal menyajikan data dan merincikan suatu informasi.
·     Sarana pembentukan keputusan dan melihat hal-hal yang bersifat subyektif dari informasi yang diterimanya.

·         Meliputi planning, discussion, execution, control, tracking dan performance monitoring.
Analisa:
Dalam EIS, Eksekutif PT Rempahnesia memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

Ø  DSS (Decision Support System)
·      Membantu manajer membuat keputusan.
·      Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
·      Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer
Analisa:
Dalam DSS, direktur operasional berperan dalam membantu proses pengambilan keputusan yang akan digunakan oleh manajer sebagai bahan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen rekan bisnis (UKM, PKK, dan pengrajin bahan bekas) atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Ø  MIS (Management Information System):
·  Mengendalikan internal perusahaan meliputi SDM, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen.
·      Menentukan strategi bisnis seperti biaya produk dan layanan yang diberikan.
·      Meliputi bidang hardware, software, database, dan procedure.
Analisa:
Dalam MIS, laporan data, monitoring layanan, dan customer relationship berperan dalam memudahkan pihak manajemen untuk mendapatkan data khusus, seperti statistic, data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari para rekan bisnis atau suksesor layanan lainnya.

Teknologi Informasi yang Digunakan
Dalam memberikan layanan, Rempahnesia memanfaatkan teknologi informasi, antara lain:
1.    Teknologi End User
·         Aplikasi Smartphone Android
·         Aplikasi Smartphone IOS
2.    Teknologi Database
·         Cloud Computing
·         Smartphone Storage
3.    API (application programming interface)
·         Google Maps
4.    Customer Service
·         Social Media
·         Website
·         Call Center

Activity Diagram Pembelian Barang pada Aplikasi Rempahnesia


Syarat Minimal Kualifikasi Karyawan PT Rempahnesia
1.   Pegawai
·         Minimal S1 (Jurusan Sesuai dengan Bidang)
·         Memiliki kemampuan dan minimal 1 tahun pengalaman bekerja di bidangnya
·         Kemampuan komunikasi yang baik
·         Mampu bekerja dalam tim.
·         Fasih berbahasa Inggris (poin plus), baik tertulis maupun lisan.
·         Growth mindset

·         Menunjukkan antusiasme untuk berkolaborasi di perusahaan Rempahnesia.

2.    Mitra UKM Barang Bekas (Recycle)
·         Fotocopy KTP dan KK.
·         Membuat surat pernyataan bertanda tangan di atas materai.
·         Dokumen kepemilikan rekening tabungan (bank atau koperasi).

Deskripsi Peraturan Mitra UKM PT Rempahnesia :
Penjual harus memberikan deskripsi, harga, gambar, dan/atau informasi lainnya yang jelas dan benar mengenai setiap Produk yang ditawarkan untuk dijual kepada Pelanggan melalui Platform yang disediakan PT Rempahnesia. Sebagai penyedia Platform, PT Rempahnesia akan mengkomunikasikan kepada Penjual apabila terdapat informasi, deskripsi, harga, gambar yang tidak akurat mengenai Produk berdasarkan keluhan atau laporan dari Pelanggan. Apabila Produk yang Pelanggan pesan ternyata memiliki perbedaan dengan deskripsi, harga, gambar dan atau informasi lainnya yang diberikan oleh Penjual, maka Pelanggan harus mengkomunikasikan keberatan Pelanggan kepada PT Rempahnesia melalui layanan Customer Service yang disediakan melalui Platform. PT Rempahnesia selanjutnya akan meneruskan keberatan Pelanggan kepada Penjual yang bersangkutan. Untuk menghindari keraguan, tanggung jawab PT Rempahnesia terbatas pada layanan melalui Customer Service untuk memfasilitasi keberatan Pelanggan kepada Penjual yang bersangkutan untuk dimintakan pertanggungjawaban dan mencari solusi yang terbaik bagi Penjual dan Pelanggan.

Data Wawancara
Pegawai
·         Ceritakan mengenai diri Anda.
·         Pandangan Anda mengenai PT Rempahnesia.
·         Apa yang membuat Anda tertarik bergabung di PT Rempahnesia?
·         Bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah di sekitar Anda?
·         Ceritakan pandangan Anda mengenai produk dari recycle barang bekas.
·         Apakah Anda lebih senang bekerja seorang diri atau tim?
·         Jika Anda diharuskan bekerja dalam tim, posisi apakah yang Anda pilih?
·         Apakah Anda siap menerima tanggung jawab pekerjaan yang diberikan perusahaan?

Mitra UKM Recycle
·         Produk recycle apa yang Anda jual?
·    Apakah produk Anda di produksi secara rumahan, produksi pabrik skala kecil-menengah atau produksi pabrik skala besar?
·         Bagaimana sebelumnya Anda memasarkan produk Anda?
·         Apa yang Anda harapkan setelah memasarkan produk Anda di platform PT Rempahnesia?
·       Apakah Anda mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan sebagai Penjual di platform PT Rempahnesia?
·         Apa kesulitan Anda selama ini dalam berbisnis produk recycle?
·         Menurut Anda, apa yang membuat produk Anda berbeda dari produk lain?
·         Berapa kisaran harga produk yang Anda tawarkan?
·  Berapa target keuntungan yang ingin Anda peroleh setelah bergabung dengan PT Rempahnesia?

Kualitas Pelayanan Rempahnesia

Sebagai Perusahaan jasa yang sangat menjunjung tinggi sebuah kualitas jasa yang berikan, Rempahnesia memberikan kualitas Jasa yang baik seperti
1.    Kehandalan
Rempahnesia mampu memberikan pelayanan yang dapat dipercaya baik untuk pembeli maupun kepada penjual. Rempahnesia dapat memastikan bahwa penjual adalah valid kepada pelanggan dan Remphnesia dapat memastikan bahwa pelanggan dapat mencari berbagai jenis barang dengan mudah dan transaksi pembayaran yang mudah.
2.    Daya Tanggap
Penjual pada aplikasi Rempahnesia siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan pelanggan karena Rempahnesia melakukan sistem online dalam hal pelayanannya. Rempahnesia menyediakan layanan chat online antara pembeli dan penjual yang bisa dilakukan dalam waktu 24 jam.
3.    Assurance (Jaminan)
Dalam pelayanannya, Rempahnesia berusaha untuk membuat konsumen merasa aman dalam hal pemakaian jasa Rempahnesia, dan juga selalu sopan terhadap konsumen, Seperti: transparent pricing, fasilitas asuransi barang rusak dalam perjalanan oleh penjual, serta selalu mengutamakan kejujuran dan kepercayaan.
4.    Empathy
Dalam hal ini Rempahnesia berusaha menjadikan penjual dan pelanggan seperti pathner dan juga menciptakan hubungan relasional yang baik dengan penjual dan pelanggan.
5.    Tangible
Rempahnesia selalu memberikan sarana komunikasi baik untuk pembeili ataupun penjual. Peralatan Modern: Sistem Online dan TI nya yang bisa di instal di smartphone dan diakses melalui website.

Karakteristik Pelayanan Rempahnesia
1.    Intangibility (Tidak berwujud)
è Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar atau dicium sebelum jasa itu dibeli.
2.    Storability (Dapat disimpan)
è Jasa mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan.
3.    Customization (Kustomisasi)
è Jasa sering kali didesain khusus untuk kebutuhan pelanggan.

Analisa PIECES

Analisa PIECES meliputi Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Services. Berikut penjelasan masing-masing:
1.    Performance
è Untuk menjaga kualitas kerja para penjual, Manajemen Rempahnesia mengacu pada sistem rating dan review dari user yang telah menggunakan layanan Rempahnesia. Serta adanya skema reward dan punishment (skorsing penjual) dari hasil performa yang terangkup.
2.    Information
è Dalam mengelola informasi, baik itu menghimpun, mengirim, menjaga informasi. Rempahnesia memanfaatkan Cloud Server, sehingga data dapat keluar masuk secara realtime, dengan storage yang besar serta menerapkan enkripsi agar data tidak dapat digunakan selain yang berkepentingaan
3.     Economy
è Skema keuangan Rempahnesia, yaitu Rempahnesia mendapatkan income dari 20% dari tarif penjualan oleh penjual.
4.    Control
è Mengontrol tenaga kerja penjual Rempahnesia, manajemen menerapkan skema reward dan punishment dari hasil performa yang terangkup. Dan adanya perjanjian diawal, ketika penjual mendaftar, sehingga baik manajemen dan penjual punya hak dan kewajiban masing-masing
5.    Efficiency
è Dalam efisiensi kerja, penjual pada Rempahnesia lebih unggul dari penjual konvensional, sebab memanfaatkan kecanggihan teknologi, sehingga order dengan mudah dilakukan dan mudah dikelola
6.    Services
è Rempahnesia memiliki layanan yang sangat baik, sehingga user sangat senang dengan layanan yang didapatkan.

Legalitas PT Rempahnesia

Syarat umum pendirian Perseroan Terbatas (PT)
·         Fotocopy KTP para pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang
·         Fotocopy KK penanggung jawab / Direktur
·         Nomor NPWP Penanggung jawab
·         Pas photo penanggung jawab ukuran 3X4 = 2 lembar berwarna
·         Fotocopy PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan
·         Fotocopy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha
·         Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran
·         Surat Keterangan RT / RW (jika dibutuhkan, untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan) khusus luar Jakarta
·         Kantor berada di Wilayah Perkantoran/Plaza, atau Ruko, atau tidak berada di wilayah pemukiman.
·         Siap di survey
Syarat pendirian PT secara formal berdasarkan UU No. 40/2007 adalah sebagai berikut:
·         Pendiri minimal 2 orang atau lebih (ps. 7(1))
·         Akta Notaris yang berbahasa Indonesia
·         Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan (ps. 7 ayat 2 & ayat 3)
·         Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (ps. 7 ayat 4)
·         Modal dasar minimal Rp. 50jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (ps. 32, ps 33)
·         Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (ps. 92 ayat 3 & ps. 108 ayat 3)
·         Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT. PMA
      Legalitas Perusahaan PT Rempahnesia merupakan dokumen-dokumen penting yang dimiliki oleh perusahaan sebagai landasan hukum dalam menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan peraturan dan perudang-undangan yang berlaku.
Adapun Izin dan legalitas Perusahaan PT Rempahnesia sebagai berikut:
·         Akta Pendirian PT
·         SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan)
·         NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
·         SKT (Surat Keterangan Terdaftar)
·         SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
·         TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Keuangan PT Rempahnesia
No
Jenis Pengeluaran
Uraian
Jumlah (Rp)
1
Pembuatan Aplikasi
Platform Web dan Android, iOS
1.365.000.000
2
Pemasaran dan Branding
Iklan media elektronik
30.000.000
Iklan di media cetak
60.000.000
Brand Ambassador
65.000.000
3
Gaji Karyawan
12 orang x 12 bulan
720.000.000
4
Legalitas Perusahaan
Pengurusan Izin, Surat dan Lain-lain
10.000.000
5
Sewa Gedung
12 bulan
750.000.000

Total
3.000.000.000
                                                                   






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silogisme dan Entimem

MAKALAH BAHASA INDONESIA 2 Disusun Oleh:          21A01 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang akan membahas lebih jauh mengenai silogisme dan jenis-jenisnya. Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ariyanto selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia 2 sekaligus pembimbing materi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Sejarah Perusahaan Nokia dan Alasan Kebangkrutannya

Nokia adalah perusahaan asal Finlandia yang sempat menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Finlandia dan dunia. Pada tahun 1865, Fredrik Idestam mendirikan perusahaan penggilingan kayu yang bernama Nokia, kata Nokia sendiri diambil dari nama sebuah komunitas yang tinggal di Finlandia Selatan. Kemudian pada sekitar tahun 1950, Nokia mulai membangun divisi elektronik karena Nokia memandang bahwa industri elektronik menjanjikan masa depan yang cerah, pendirian divisi ini adalah awal mula terjunnya Nokia ke dalam industri telekomunikasi. Walaupun pada awalnya Nokia bukanlah perusahaan telekomunikasi, Nokia berhasil menghasilkan produk-produk telekomunikasi yang dapat diterima oleh pasar, mulai dari produk telefon genggam sampai perangkat telekomunikasi lainnya seperti HLR, MSC, BSC, RNC dan lain-lain. Kesuksesan Nokia tidak diperoleh dengan instan, melainkan melalui proses  trial & error  yang panjang, Nokia melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan-kesalahan mereka sehi

Sentiment Analysis Twiiter Menggunakan R [SARA]

Kevien Aqbar (55414818) Muhammad Taufiq Akbar (57414564) Noor Fadhila Kamal (58414009) Nora Chaniago (58414014) SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN R Dalam tugas ini kita akan membahas cara menganalisa sentimen berdasarkan “tweet” pada media sosial yaitu Twitter. Disini kita menggunakan R-Programming mengambil atau crawling data Twitter untuk menganalisa informasi dengan memanfaatkan API. Agar R dan Twitter terhubung dengan baik, terlebih dahulu kita harus mendapatkan authentication. Sebelum melakukan proses crawling data, kita harus mempunyai API key dan access token dari Twitter. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat aplikasi pada Twitter. Berikut adalah proses Twitter Authentication dengan R: 1.     Kunjungi https://apps.twitter.com dan login menggunakan akun Twitter. 2.     Pilih Create New App. Kemudian isi form berikut. 3.    Isikan nama aplikasi berserta deskripsi pada kolom Name dan Description (bisa diisi bebas). Tulis URL untuk pada kolom Website dia