Langsung ke konten utama

4ICU, Acuan Untuk Menentukan Universitas

Perguruan Tinggi adalah suatu satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Perguruan Tinggi dibagi menjadi perguruan tinggi swasta dan negeri. 4ICU (4 International Colleges & Universities) adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.606 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Dalam hal ini, yang dimaksud sebagai perguruan tinggi yang terakreditasi adalah sebagai berikut:
  • Secara resmi diakui, memiliki ijin atau telah diakreditasi oleh badan-badan nasional atau regional seperti kementerian pendidikan atau organisasi akreditasi pendidikan tinggi yang diakui. 
  • Secara resmi berhak memberikan gelar sarjana atau pascasarjana dalam empat tahun. 
  • Melakukan kegiatan pembelajaran secara umum dengan bertatap muka dalam fasilitas, program dan kursus.

Metodologi Penilaian
Dalam melakukan penilaian, ada kebijakan khusus yang dikemukakan oleh 4ICU. 4ICU telah mempublikasi peringkat perguruan tinggi mulai tahun 2005. Sejak saat itu metodologi peringkat secara berkala memberikan hasil yang lebih baik.

Peringkat saat ini didasarkan pada :
·          Google Page Rank
·          Alexa Global Rank
·          Majestic Referring Subnets
·          Majestic Trust Flow

Langkah Penilaian
1.  Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data.
2. Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers).
3.  Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.
4. Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO.
5.    Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai peringkat perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan 4ICU, silahkan cek di http://www.4icu.org/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silogisme dan Entimem

MAKALAH BAHASA INDONESIA 2 Disusun Oleh:          21A01 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang akan membahas lebih jauh mengenai silogisme dan jenis-jenisnya. Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ariyanto selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia 2 sekaligus pembimbing materi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Sejarah Perusahaan Nokia dan Alasan Kebangkrutannya

Nokia adalah perusahaan asal Finlandia yang sempat menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Finlandia dan dunia. Pada tahun 1865, Fredrik Idestam mendirikan perusahaan penggilingan kayu yang bernama Nokia, kata Nokia sendiri diambil dari nama sebuah komunitas yang tinggal di Finlandia Selatan. Kemudian pada sekitar tahun 1950, Nokia mulai membangun divisi elektronik karena Nokia memandang bahwa industri elektronik menjanjikan masa depan yang cerah, pendirian divisi ini adalah awal mula terjunnya Nokia ke dalam industri telekomunikasi. Walaupun pada awalnya Nokia bukanlah perusahaan telekomunikasi, Nokia berhasil menghasilkan produk-produk telekomunikasi yang dapat diterima oleh pasar, mulai dari produk telefon genggam sampai perangkat telekomunikasi lainnya seperti HLR, MSC, BSC, RNC dan lain-lain. Kesuksesan Nokia tidak diperoleh dengan instan, melainkan melalui proses  trial & error  yang panjang, Nokia melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan-kesalahan mereka sehi

Sentiment Analysis Twiiter Menggunakan R [SARA]

Kevien Aqbar (55414818) Muhammad Taufiq Akbar (57414564) Noor Fadhila Kamal (58414009) Nora Chaniago (58414014) SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN R Dalam tugas ini kita akan membahas cara menganalisa sentimen berdasarkan “tweet” pada media sosial yaitu Twitter. Disini kita menggunakan R-Programming mengambil atau crawling data Twitter untuk menganalisa informasi dengan memanfaatkan API. Agar R dan Twitter terhubung dengan baik, terlebih dahulu kita harus mendapatkan authentication. Sebelum melakukan proses crawling data, kita harus mempunyai API key dan access token dari Twitter. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat aplikasi pada Twitter. Berikut adalah proses Twitter Authentication dengan R: 1.     Kunjungi https://apps.twitter.com dan login menggunakan akun Twitter. 2.     Pilih Create New App. Kemudian isi form berikut. 3.    Isikan nama aplikasi berserta deskripsi pada kolom Name dan Description (bisa diisi bebas). Tulis URL untuk pada kolom Website dia