Langsung ke konten utama

Universitas Gunadarma

UNIVERSITAS GUNADARMA


Assalamu’alaikum Wr.Wb,

Disini saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai universitas gunadarma, akan tetapi saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya sebagai MABA (Mahasiswa Baru) Gunadarma Angkatan 2014.

Pertama-tama, saya akan menjelaskan alasan saya memilih universitas gunadarma:

1. Tidak diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), bukan berarti kesuksesan hanya bisa didapatkan di PTN karena setiap orang memiliki jalan keberuntungannya masing-masing untuk menuju kesuksesan.

2.  Universitas Gunadarma memiliki peringkat pertama PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Indonesia berdasarkan berbagai sumber, seperti:

                - http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia
                - http://www.4icu.org/id/
                - dll.

3.  Universitas Gunadarma juga memiliki akreditasi “A” dalam setiap jurusannya berdasarkan BAN-PT

Oleh karena itu, saya memilih universitas gunadarma sebagai kampus saya dengan jurusan Teknik Informatika. Saya diterima di gunadarma melalui jalur test, yang dalam pengerjaannya mengunakan komputer baik dari segi soal maupun jawaban dengan tidak menggunakan coret-coretan untuk menjawabnya dan hasil dari test diumumkan pada hari dimana saya sedang menghadapi SBMPTN. Berdasarkan hasil test, saya mendapatkan kesempatan untuk memilih dua jurusan yaitu teknik industri dan teknik informatika. Dan pada akhirnya, saya memilih teknik informatika sebagai jurusan yang saya akan jalani kedepannya.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan acara-acara mahasiswa baru gunadarma, seperti:

1. PPSPPT (Pengenalan Program Studi dan Program Perguruan Tinggi) adalah salah satu program wajib mahasiswa baru di gunadarma. Saya mendapatkan PPSPPT ke-1 pada tanggal 26 Agustus 2014 di kampus D yang berisi penjelasan tentang kampus-kampus di gunadarma beserta lokasinya dan juga kita diberikan informasi mengenai program di gunadarma, barang bawaan pada saat sosialisasi TIK dan juga pada PPSPPT ke-2.

PPSPPT ke-1 adalah acara pertama saya di universitas gunadarma dimana berbagai macam jurusan berkumpul dalam satu ruangan auditorium yang berisi penjelasan tentang gunadarma mengenai hal-hal diatas yang telah saya jelaskan tadi selama ±5 jam.

Selanjutnya, PPSPPT ke-2 atau yang lebih dikenal OSPEK adalah acara wajib bagi mahasiswa baru di gunadarma. Bagi  pria diharuskan mencukur rambutnya hingga batas maksimal 1cm sesuai peraturan yang telah diberitahukan pada saat PPSPPT ke-1 sedangkan bagi wanita tidak ada peraturan khusus hanya mengikuti peraturan-peraturan bagi mahasiswa baru. Jurusan saya mendapatkan bagian ospek pada tanggal 18 September 2014. Selama ±8 jam kita berkumpul di kampus H untuk mengikuti kegiatan ospek. Pada pukul 7 pagi, kita diperintahkan untuk berbaris oleh kakak-kakak BEM agar tertib pada saat memasuki sport center yang letaknya didalam kampus H. Disana, kita diberikan penjelasan mengenai universitas gunadarma oleh dosen-dosen dan rektor. Berbagai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ditampilkan seperti taekwondo, merpati putih, dll. Dan kegiatan ospek ini diakhiri dengan pembagian almamater dan buku-buku secara tertib.




2.  SOSIALISASI TIK adalah acara universitas gunadarma dimana kita diberikan informasi mengenai situs-situs website gunadarma, seperti studentsite, baak, v-class, dll. Saya mendapatkan bagian sosialisasi pada tanggal 29 Agustus 2014, disana kita juga diberikan pengarahan tata cara membuat blog karena setiap mahasiswa gunadarma diwajibkan setidaknya memiliki satu blog. Blog adalah salah satu media setiap masyarakat untuk menulis kegiatannya sebagai pengganti “Diary” atau yang lebih dikenal sebagai catatan harian dalam hal yang positif. Oleh karena itu, gunadarma memberikan tugas bagi mahasiswa untuk membuat blog dengan tujuan agar mahasiswa gunadarma dapat bersikap aktif dan mengambil peran dalam perkembangan teknologi di era kemajuan teknologi saat ini. Pada saat sosialisasi TIK, KEDUBES Indonesia untuk Serbia Bpk. Semuel Samson berkesempatan hadir dalam ruangan untuk memberikan kesan dan pesannya kepada kami dikarenakan beliau adalah salah satu mahasiswa gunadarma yang sukses. Pesan yang paling saya ingat dari beliau adalah “Program yang benar adalah program yang dapat diselesaikan dan juga program yang menghasilkan output baik”.

Cukup sekian cerita dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan pada kata-kata saya. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca cerita saya ini. Mohon kritik & sarannya ^^



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perusahaan Nokia dan Alasan Kebangkrutannya

Nokia adalah perusahaan asal Finlandia yang sempat menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Finlandia dan dunia. Pada tahun 1865, Fredrik Idestam mendirikan perusahaan penggilingan kayu yang bernama Nokia, kata Nokia sendiri diambil dari nama sebuah komunitas yang tinggal di Finlandia Selatan. Kemudian pada sekitar tahun 1950, Nokia mulai membangun divisi elektronik karena Nokia memandang bahwa industri elektronik menjanjikan masa depan yang cerah, pendirian divisi ini adalah awal mula terjunnya Nokia ke dalam industri telekomunikasi. Walaupun pada awalnya Nokia bukanlah perusahaan telekomunikasi, Nokia berhasil menghasilkan produk-produk telekomunikasi yang dapat diterima oleh pasar, mulai dari produk telefon genggam sampai perangkat telekomunikasi lainnya seperti HLR, MSC, BSC, RNC dan lain-lain. Kesuksesan Nokia tidak diperoleh dengan instan, melainkan melalui proses  trial & error  yang panjang, Nokia melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan-kesalahan mereka sehi

Silogisme dan Entimem

MAKALAH BAHASA INDONESIA 2 Disusun Oleh:          21A01 TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2016 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang akan membahas lebih jauh mengenai silogisme dan jenis-jenisnya. Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia 2. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ariyanto selaku dosen mata kuliah Bahasa Indonesia 2 sekaligus pembimbing materi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

Sentiment Analysis Twiiter Menggunakan R [SARA]

Kevien Aqbar (55414818) Muhammad Taufiq Akbar (57414564) Noor Fadhila Kamal (58414009) Nora Chaniago (58414014) SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN R Dalam tugas ini kita akan membahas cara menganalisa sentimen berdasarkan “tweet” pada media sosial yaitu Twitter. Disini kita menggunakan R-Programming mengambil atau crawling data Twitter untuk menganalisa informasi dengan memanfaatkan API. Agar R dan Twitter terhubung dengan baik, terlebih dahulu kita harus mendapatkan authentication. Sebelum melakukan proses crawling data, kita harus mempunyai API key dan access token dari Twitter. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat aplikasi pada Twitter. Berikut adalah proses Twitter Authentication dengan R: 1.     Kunjungi https://apps.twitter.com dan login menggunakan akun Twitter. 2.     Pilih Create New App. Kemudian isi form berikut. 3.    Isikan nama aplikasi berserta deskripsi pada kolom Name dan Description (bisa diisi bebas). Tulis URL untuk pada kolom Website dia